Pembelajaran Mendalam Berbasis Digital di SMP Islam Hidayatullah

IHT

SMP Islam Hidayatullah merupakan sekolah berbasis Digital Class dan sebentar lagi akan menyandang menjadi sekolah ADS ini, memberikan warna dalam kegiatan pembelajarannya. Proses pembelajaran yang aktif, inovatif dan kreatif dalam pengembangan ilmu berbasis digital.

Kegiatan In House Training kali ini dipandu oleh pengawas SMP Islam Hidayatullah yaitu Dr. Nur Zaida, M.Pd dengan tema “Meaningful Learning, Mindful Learning, and Joyful Learning” bertujuan untuk semakin menguatkan dan memperdalam kurikulum Pembelajaran Mendalam dengan lebih maksimal. Kegiatan ini berlangsung pada hari Kamis, 19 Juni 2025.

Dalam kesempatan ini Ibu Ratna Arumsari, S.S selaku kepala SMP Islam Hidayatullah memberikan sambutannya, beliau menyampaikan betapa bangganya beliau dapat belajar bersama bapak ibu guru SMP Islam Hidayatullah yang dibersamai oleh Narasumber Nasional yaitu ibu Dr. Nur Zaida, M.Pd.

Ibu Dr. Nur Zaida, M.Pd. menyampaikan bahwa pembelajaran mendalam ini pada intinya adalah memperkuat Kesadaran, Bermakna dan Mnggembirakan melalui olah pikir, olah hati, olah rasa dan olah raga secara holistik dan terpadu.

Pembelajaran Mendalam merupakan pendekatan yang memuliakan dengan menekankan pada penciptaan suasana belajar dan proses pembelajaran berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan melalui olah pikir,olah hati, olah rasa,dan olah raga secara holistik dan terpadu.  (Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia)

Menurut beliau beberapa contoh permasalahan seputar pembelajaran yang menjadi latarbelakang perubahan yaitu Praktik pembelajaran jauh berbeda dari perencanaan, Asesmen tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran dan pembelajaran yang berpusat pada guru. Yang pada akhirnya tercetuslah kurikulum dengan beberapa perbaikan dibawah ini.

Kerangka pembelajaran mendalam

Diatas merupakan kerangka Pembelajaran Mendalam yang memiliki 8 dimensi profil lulusan yaitu Keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan YME, Penalaran kritis, Kewarganegaraan, Kreativitas, Kolaborasi, Kesehatan, Kemandirian dan Komunikasi. Prinsip pembelajarannya yaitu bermakna, berkesadaran dan menggembirakan. Pengalaman belajar ada 3 yaitu Mengaplikasikan, Merefleksi dan Memahami. Dan kerangka belajar berisi : Praktis Pedagogis, Lingkungan Belajar, Kemitraan Pembelajaran dan Pemanfaatan Digital.

Muncul pertanyaan dari Mam Any selaku guru Bahasa Inggris SMP Islam Hidayatullah apakah Pembelajaran Diferensiasi masih berlaku, dan dijelaskan oleh Ibu Dr. Nur Zaida, M.Pd diperbolehkan jika hendak disertakan karena pada intinya kurikulum ini disesuaikan dengan kebutuhan mata pelajaran dan disesuaikan dengan Pembelajaran Mendalam sesuai Prinsip , Dimensi dan pengalaman pembelajarannya.

Bapak Fatoni selaku guru IPS berkolaborasi dengan Bapak Shofa dalam membahas perancangan RPM pembelajaran SKI. Beliau mempresentasikan kegiatan pembelajaran ini akan dihubungkan dengan berbagai prinsip dan dimensi pada pembelajaran mendalam. Ibu Reni selaku WAKA Kurikulum SMP Islam Hidayatullah juga menyampaikan hasil analisis perbedaan Modul Ajar dan RPM/PPM.

Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar, semoga kegiatan In House Training kali ini memberikan kesan dan manfaat bagi bapak ibu guru, serta Ibu Dr. Nur Zaida, M.Pd. dan semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *