Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah memiliki Nilai dasar yang disebut dengan TOHA P (Taqwa, Optimis, Handarbeni, Amanah dan Profesional). Merupakan Nilai dasar yang harus dimiliki seluruh lapisan di LPI Hidayatullah tercinta ini. Selain itu visi dan misi Hidayatullah yaitu Genius, Obedient, Lead and Dynamic.
Sama seperti materi Prinsip pengembangan konsep kurikulum yang dipelajari Bapak ibu guru hari ini yang dipandu oleh Ibu Endah Yuliani, S.Si. dan Ibu Yuniati, S.Pd., bicara tentang Dynamic atau dinamis, dunia pendidikan memang selalu dinamis, selalu berkembang dan berubah sesuai dengan kebutuhan saat itu. Kurikulum yang berkembang dari Kurikulum Merdeka menjadi Kurikulum Pembelajaran Mendalam ini merujuk pada fokusnya Bapak Ibu guru dalam melaksanakan KBM Kegiatan Belajar Mengajar agar lebih intens dalam menyampaikan materi pelajaran.


Issue perubahan kurikulum nasional atau faktor yang melatarbelakangi mengapa Bapak ibu guru harus belajar Pembelajaran Mendalam yaitu Tantangan pendidikan masa depan luar biasa yang akan kita hadapi maka kita harus melakukan transformasi agar pendidikan berjalan dengan baik, Masalah selanjutnya adalah Melanjutkan praktik pendidikan saat ini dirasa berat untuk mencapai kompetensi, dan peningkatan mutu pendekatan pembelajaran. Maka jelas perubahan kurikulum dari kurikulum sebelumnya hingga sekarang yaitu terdapat pada Pendekatan Pembelajarannya.



Kurikulum SMP Islam Hidayatullah memiliki elemen tambahan dalam pembelajaran, modul ajarnya berisi tambahan berupa Integrasi Keislaman. integrasi Keislaman merupakan point penting bagi sekolah kami karena didalamnya berisi tentang Ayat Al Quran dan Hadis yang relevan dengan materi yang hendak disampaikan.



Pelatihan pengembangan konsep kurikulum ini dilaksanakan pada hari Senin, 23 Juni 2025 ini membahas tentang banyak hal diantaranya; Pembahasan mengenai kurikulum Nasional, Kurikulum Internasional dan diaplikasikan ke kurikulum SMP Islam Hidayatullah dengan penerapan disiplin ilmu dan disertakan dasar dasar agamanya. Dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan modul ajar atau yang sekarang disebut dengan Rancangan Pembelajaran Mendalam dengan pendekatan yang berfokus pada tiga elemen utama: Minful Learning (Pembelajaran secara fokus dan sadar), Meaningful Learning ( Pembelajaran bermakna), dan Joyful Learning (Pembelajaran yang Menyenangkan).
Sebagai sekolah Islam berbasis digital SMP Islam Hidayatullah memiliki keunggulan dalam metode pembelajaran yang asyik, menarik, kreatif dan inovatif dalam pengembangan ilmu dengan mengoptimalkan aplikasi dan fitur yang ada di IPad sebagai sumber belajar anak didiknya. Dibuktikan dengan berbagai hasil Apple Distinguished School dengan beberapa proyek yang berhasil dibuat oleh anak anak. Hal ini menjadi kelebihan dari SMP Islam Hidayatullah karena kurikulum kali ini memiliki pemanfaatan dalam pengembangan Digital Class seiring berkembangnya zaman di dunia pendidikan.

